Kamis, 07 Maret 2013

Kisi-kisi Soal Matematika UN SMK 2013 - Teknologi

Bidang Studi Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang diujikan dalam ujian nasional di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk tahun 2013. Jumlah soal yang disajikan sekitar 40 soal yang terdiri dari soal pilihan berganda dengan 5 (lima) option ; A, B, C, D, dan E. Berikut ini kami sampaikan materi soal UN SMK 2013 mengacu pada Kisi-kisi Soal UN SMK tahun 2013 yang diberikan BSNP Indonesia.
Untuk SMK KELOMPOK TEKNOLOGI, KESEHATAN, DAN PERTANIAN, materi yang harus dikuasai siswa / siswi berdasarkan kisi-kisi diantaranya :

  1. Kompetensi

  2. Melakukan operasi bilangan real dan menerapkannya dalam bidang kejuruan.

    Indikator

    1. Menyelesaikan masalah dengan menggunakan operasi bilangan real.
    2. Menentukan hasil operasi bilangan berpangkat dan bentuk akar, dan/atau logaritma.
  3. Kompetensi

  4. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan dan pertidaksamaan linear dua variabel serta dapat menerapkannya dalam bidang kejuruan.

    Indikator

    1. Menyelesaikan masalah sistem persamaan atau pertidaksamaan linear dua variabel.
  5. Kompetensi

  6. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fungsi linear, fungsi kuadrat, program linear, dan sistem pertidaksamaan linear.

    Indikator

    1. Menentukan fungsi linear dan/atau grafiknya.
    2. Menentukan fungsi kuadrat dan/atau grafiknya.
    3. Menentukan model matematika dari masalah program linear.
    4. Menentukan daerah himpunan penyelesaian dari masalah program linear.
    5. Menentukan nilai optimum dari sistem pertidaksamaan linear.
  7. Kompetensi

  8. Menerapkan konsep matriks dan vektor untuk memecahkan masalah.

    Indikator

    1. Menentukan hasil operasi matriks atau invers suatu matriks.
    2. Menentukan hasil operasi vektor dan besar sudut antar vektor pada bidang atau ruang.
  9. Kompetensi

  10. Menerapkan prinsip-prinsip logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor.

    Indikator

    1. Menentukan ingkaran dari suatu pernyataan.
    2. Menentukan invers, konvers, atau kontraposisi.
    3. Menarik kesimpulan dari beberapa premis.
  11. Kompetensi

  12. Menentukan unsur-unsur bangun datar, keliling dan luas bangun datar, luas permukaan dan volume bangun ruang, unsur-unsur irisan kerucut serta dapat menerapkannya dalam bidang kejuruan.

    Indikator

    1. Mengidentifikasi bangun datar, bangun ruang, dan unsur-unsurnya.
    2. Menghitung keliling dan luas bangun datar atau menyelesaikan masalah yang terkait.
    3. Menghitung luas bangun permukaan bangun ruang atau menyelesaikan masalah yang terkait.
    4. Menghitung volume bangun ruang atau menyelesaikan masalah yang terkait.
  13. Kompetensi

  14. Menerapkan konsep perbandingan trigonometri dalam pemecahan masalah.

    Indikator

    1. Menentukan unsur-unsur segitiga dengan menggunakan perbandingan trigonometri.
    2. Mengkonversi koordinat kutub ke koordinat kartesius atau sebaliknya.
  15. Kompetensi

  16. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret.

    Indikator

    1. Mengidentifikasi pola, barisan, atau deret bilangan.
    2. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan atau deret aritmetika.
    3. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret geometri.
  17. Kompetensi

  18. Menerapkan konsep peluang dalam pemecahan masalah.

    Indikator

    1. Menentukan permutasi atau kombinasi.
    2. Menghitung peluang suatu kejadian atau frekuensi harapannya.
  19. Kompetensi

  20. Menerapkan konsep dan pengukuran statistik dalam pemecahan masalah.

    Indikator

    1. Menginterpretasi data yang disajikan dalam bentuk tabel atau diagram.
    2. Menghitung ukuran pemusatan data.
    3. Menghitung ukuran penyebaran data.
  21. Kompetensi

  22. Menggunakan konsep limit fungsi dan turunan fungsi dalam pemecahan masalah.

    Indikator

    1. Menentukan limit fungsi aljabar atau fungsi geometri.
    2. Menentukan turunan fungsi aljabar atau fungsi geometri.
    3. Menyelesaikan masalah dengan menggunakan konsep turunan.
  23. Kompetensi

  24. Menggunakan konsep integral dalam pemecahanan masalah.

    Indikator

    1. Menentukan integral tak tentu atau integral tentu dari fungsi aljabar atau trigonometri.
    2. Menentukan luas daerah di antara dua kurva.
    3. Menentukan volume benda putar.
  25. Kompetensi

  26. Menerapkan konsep irisan kerucut dalam memecahkan masalah.

    Indikator

    1. Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan lingkaran atau parabola.
Dengan berdasarkan kisi-kisi materi / SKL UN SMK bidang Matematika tersebut seyogyanya para guru di sekolah menengah kejuruan (SMK) senantiasa berpedoman pada materi tersebut dalam memberikan pengajarannya supaya lebih terfokus sehingga para siswa dapat mencapai keberhasilan dalam ujian nasional di tingkat SMK.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar